Senin, 02 Mei 2011

Produk unggulan


Berbicara produk unggulan dalam berjualan tidak terlepas dari Marketing Mix 4P yatiu :
  • Product
  • Price
  • Place (distribution)
  • Promotion
The term "marketing mix" became popularized after Neil H. Borden published his 1964 article, The Concept of the Marketing Mix. Borden began using the term in his teaching in the late 1940's after James Culliton had described the marketing manager as a "mixer of ingredients.
Begiluah kira-kira awal mulanya muncul istilah marketing mix sebelum Mc. Potler mempublikasikan dalam buku-bukunya. Saya tidak akan membahas secara detail tentang marketing  tapi ada baiknya kita merenungkan tentang konsep berjualan ini.
Produk unggulan adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari marketing  untuk menguasai pasar domestik maupun internasional, orang akan lebih mudah mengenal Dagadu sebagai merek lokal kaos dari Yogyakarta, pangsa pasarnya adalah anak muda dengan humor2 centilnya sehingga terpatri di lubuk anak2 muda kalau melancong ke Yogya belia dagadu, atau bapkpia patok, atau joger di bali, atau dodol garut, atau c59 Bandung, atau getuk goreng sokaraja, atau mendoan cilacap, atau coto makassar, atau nasi lemak Riau, tahu gejrot cirebon, semuanya adalah produk unggulan. walaupun ada macam2 kaos, ada macam-macam dodol tapi yang terkenal dodol Garus, ada macam2 getuk goreng tapi yang terkenal getuk goreng sokaraja, wah lapar nih...
Inilah yang membuat Hermawan Kartajaya terkenal dengan Mark Plusnya khusus menangani konsultasi marketing bahkan sampai terkenal keluar negeri, karena produk unggulannya bernama "Mark Plus".
Sekedar mengingatkan di tahun70-an merk motor honda membanjiri Indonesia, sehingga setiap orang yang memakai motor pasti disebut pakai honda ya.. padahal dia pakai yamaha, suzuki, kawasaki., dukati, bajay, dll

Sesungguhnya Produk Unggulan ini juga bisa ditempatkan pada diri kita sebagai Insan kepada sang Khaliq..
hanya dalam dunia bisnis  istilahnya adalah Produk tapi  kita sebagai insan  Amalan unggulan...
Tengoklah kemari ...
Bilal bin Rabbah terompahnya terdengar di syurga amalan unggulannya adalah TERJAGA Wudhunya....
Abu Bakar Assidiq Khalifah pertama, amalan unggulannya adalah Menginfakan seluruh hartanya dijalan Islam..
Musab bin Umair amalan unggulannya adalah hijrah meninggalkan kemewahan dunia ...
Kira-kira...
Amalan unggulan apakah yang telah kita lakukan untuk menghadapNya kelak?
Amalan unggulan yang seperti apa untuk mendapatkan syurgaNya?

Karena proyeksi kita kedepan tergantung amal kita sekarang...
Sudah seberapa banyak amalan-amalan yang telah kita timbun sebagai timbangan pemberat ke Syurga?
Hari ini dan yang akan datang siapkah kita ditanya tentang umur kita untuk apa kita gunakan?
Tentang harta dari mana dan untuk apa kita gunakan?

Maka mari kita siapkan amalan unggulan, untuk menarik perhatian pembeli kita yaitu Allah Swt.
Sementara barang yang kita jual adalah dari Allah Swt, dan yang akan membeli adalah Allah Swt.


Musab bin Umair, Billal bin Rabbah, Ammar bin Yasir, Jafar bin Abi Tholib, adalah generasi sahabat yang masuk syurga tanpa hambatan... wallahu alam.


2 komentar:

  1. Tambah satu P lagi Kang... "Praying" --> "moga Allah ridho akan usaha yg dijalankan..."...hehehe..
    Jadi dalam Produk Unggulan itu harus ingat 5P bukan lg 4P-->Product, Price, Palace, Promotion & Praying

    BalasHapus